Kita semua masih meragukan dan menanti apakah benar pada tahun 2012 ini bumi akan mengalami bencana besar, atau kiamat bagi sebagian orang yang memercayainya. Ramalan suku Maya yang dipopulerkan lewat film 2012 berhasil membuat heboh dunia.

1. Badai Matahari

Fenomena ini sudah ramai dibahas sejak munculnya peringatan-peringatan dan tanda-tanda yang diberikan oleh ilmuwan pada tahun 2006 bahwa apa yang terjadi tahun 1859 dapat terulang di tahun 2012. Pada abad ke-18, badai matahari ini telah merusak jaringan-jaringan komunikasi dan dampak radiasinya dapat menghentikan semua alat-alat listrik. Fenomena ini juga disebut sebagai luapan amarah matahari (sun’s tantrum).

2. Siklus

Disebut juga sebagai siklus Venus, periode 584 hari, yang hampir semua orang percaya sebagai hari kiamat. Berdasarkan sejarah, metode kalender ini dimulai pada tanggal 13 Agustus 3114 Sebelum Masehi. Beberapa orang berpendapat bahwa akan ada lidah api matahari, dan planet-planet yang terdiri atau terkait sistem matahari akan menabrak bumi. Siklus ini didasarkan pada pergerakan-pergerakan bulan, angka, dan dewa. Siklus ini berkaitan dengan penghitungan.

3. Penjajaran Galaksi

Penjajaran galaksi terjadi setiap 26 ribu tahun sekali. Penjajaran galaksi melahirkan bencana-bencana besar di sepanjang garis arah penjajaran tersebut, dari Matahari sampai Pluto. Prediksi ini didukung oleh para ilmuwan, beberapa agama, dan dijelaskan oleh hukum fisika. Khatulistiwa galaksi bersama dengan sistem matahari mengalami tahapan-tahapan sampai dimana keduanya sejajar dengan Galaksi Bima Sakti, yang akhirnya menyebabkan Garis Lurus Galaksi.

4. Transisi Venus

Transisi atau okultasi ini terjadi setiap 120 tahun sekali dan pernah terjadi bulan Juni 2004. Biasanya transisi ini terjadi dalam interval setiap 8 tahun. Sehingga transisi selanjutnya terjadi tahun 2012. Hal ini sesuai dengan Kalender Suku Maya, yang akan berakhir pada 2012. Pola transisi ini dapat terlihat dari perubahan-perubahan cuaca yang tidak terduga, dan hampir semua orang tahu bahwa transisi ini adalah bagian dari perubahan iklim.

5. Simbol dan Angka 2012

Hal ini berkaitan dengan Penjajaran Galaksi serta siklus Venus. Perhatikan saja kalender biasa yang kita miliki dan yang kita ikuti selama ini. Desember adalah bulan terakhir yang biasa kita lihat dan bulan ke-12. Hal ini berkaitan juga dengan Kalender Maya, dan angka terakhir dari 2012 adalah 12. Hal tersebut telah menarik perhatian semua orang bahwa bumi akan berakhir pada bulan, hari dan tahun yang sama. Mengapa bukan tanggal 12 Desember 2012 dan mengapa harus tanggal 21 Desember 2012?

6. Gerhana Matahari

Sejak jaman pra-sejarah, banyak orang telah menghubungkan penggelapan matahari di tengah hari dengan tanda-tertentu. Hubungan tersebut dipercaya menjadi petunjuk bahwa kejadian-kejadian penting akan terjadi. Hubungan tersebut bisa jadi tanda kematian pemimpin, penyerbuan dan kematian bangsa-bangsa, wabah, dan pertanda jahat yang dapat menyebabkan kekacauan, sakit, dan malapetaka bagi beberapa orang dan keluarga.

7. Bencana Alam

Kita telah melihat banyak tsunami di Indonesia yang merenggut ratusan nyawa. Gempa di Jepang telah menghancurkan jutaan hak milik dan hampir menelan satu kota ke dalam air disebabkan oleh gelombang pasang surut besar sebagai salah satu efek gempa tersebut. Badai dimana-mana telah melahap dan menghancurkan rumah-rumah, kendaraan, hak milik, dan bahkan nyawa. Topan telah menciptakan banjir yang mengkatalisasi penyakit-penyakit menular, merusak gunung-gunung yang menyebabkan longsor, dan angin-angin kencang yang menerbangkan pohon-pohon dari akarnya dan atap dari rumahnya. Semua ini berhubungan dengan tindakan Tuhan, yang menunjukkan amarah kepada manusia, disebabkan oleh kejahatan.

8. Kalender Suku Maya

Suku Maya telah menciptakan sebuah kalender yang menghitung berlalunya hari-hari dan terjadinya bermacam-macam kejadian. Kalender yang perhitungannya panjang ini sebetulnya berakhir pada tanggal 21 Desember 2012 atau 12/21/2012, dimana hampir semua pendeta suku Maya menyatakan akhir tanggal tersebut sebagai akhir satu kejadian, dan awal kejadian lainnya. Mereka menggambarkannya sebagai waktu kegembiraan dan kebahagiaan menjadi peristiwa menakutkan dan menggetarkan mereka yang jahat.

9. Ada Pula Keterangan dalam Kitab Nasrani

Ada keterangan di dalam Alkitab baik dalam arti kontekstual maupun tersembunyi. Dalam banyak pasal, Yesus Kristus telah memberikan prediksi nyata yang seharusnya terjadi sebelum ia datang kedua kalinya, setelah kenaikannya ke Surga. Ia menyebutkan perang, rumor perang, gempa bumi, bunyi halilintas, badai, banjir, letusan gunung berapi, tiga hari dalam kegelapan total, dan bahkan jatuhnya bintang-bintang ke bumi untuk menghancurkan bumi, membersihkan dunia dari yang jahat, dan menyelamatkan yang baik. Bab Pembukaan juga menyebutkan empat penunggang kuda pembawa wahyu.

10. Ramalan Terbesar Nostradamaus

Nostradamau telah mencatat tanggal tepatnya kapan dunia akan berakhir. Disebabkan oleh ramalan-ramalannya yang sukses, seperti tragedi 9/11, banyak orang mengklaim bahwa kata-katanya akan menunjukkan akhir dunia seperti yang kita ketahui. Namun, tidak ada tanggal yang tepat dan banyak orang akan menyaksikan apakah ramalan-ramalan yang ditemukan di dalam syair-syairnya akan terpenuhi semuanya.